Perbedaan Cerdas dan Pintar [SIMPEL]

Share:
Cerdas, pintar


Apasih Bedanya Cerdas dan Pintar?



Cerdas itu beda dengan pintar. Pada umumnya orang orang befikir bahwa cerdas itu sama dengan pintar. Walupun beberapa orang menganggapnya berbeda, biasanya orang tetap menyamakannya. Sesungguhnya cerdas dan pintar memiliki perbedaan yang sangat besar dan maksud atau arti yang sangat berbeda.

Cerdas


Cerdas merupakan pemahaman dan kemampuan ( anugerah ) dari Tuhan Yang Maha Esa yang tidak dimiliki oleh semua orang. Kecerdasan seseorang tidak bisa dilatih atau dicari, Karena kecerdasan merupakan “bakat” dari sesesorang. Semua bentuk kecerdasan adalah hasil dari ilmu filsafat dan ilmu logika.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cerdas adalah sempurna perkembangan akal budinya (untuk berpikir, mengerti, dan sebagainya)

Ilmu Filsafat merupakan ilmu tentang kebenaran yang terfilter dari fenomena, hipotesis, potulat, konsep dan Teori.


Ilmu Logika merupakan ilmu pemikirran dan cara berpikir yang benar dan tepat.


Kecerdasan seseorang biasanya tidak Nampak atau tidak disadari. Pengaplikasian cerdas dalam kehidupan masyarakat sangatlah banyak, entah itu yang disengaja, ataupun tidak disengaja. Kecerdasan yang disengaja merupaka cirri orang yang mulai berpikir kritis.

Pintar


Kepintaran merupakan keahlian yang bisa dimiliki semua orang. Kepintaran seseorang bisa dilatih, dicari atau dipelajari. Semua bentuk kepintaran merupakan hasil dari ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan merupakan ilmu yang dapat ditangkap oleh akal dengan bukti pengalaman dan penelitian atau semacamnya.


Pengaplikasian kepintaran selalu disengaja dan tidak bisa tanpa sadar. Kepintaran seseorang digunakan pada saat saat tertentu dan untuk hal hal tertentu saja.

Masih Belum Paham?


Kalo masih belum paham, saya akan memberikan contoh kasusnya.
1.       Jika kita melihat lampu rumah menyala pada siang hari, kemudian kita matikan lampu tersebut supaya hemat, maka kita cerdas.

2.       Jika kita melihat lampu rumah menyala pada siang hari saat kita tidak mempunyai uang untuk bayar listrik, kemudian kita hitung hitungan uang untuk melanjutkan hidup, maka kita pintar.

Masih belum paham? Cerdas itu luas, dan Pintar merupakan bagian dari kecerdasan (spesifik tindakan berpikir/respon). Contoh kecerdasan digunakan saat mengambil keputusan, menentukan pilihan dan lain sebagainya. Sedangkan kepintaran dipakai untuk teknik menentukan pilihan, mengambil keputusan dan yang lainnya dengan menggunakan ilmu pengetahuan, seperti menghitung, mengumpulkan data dan lain lain. Kemudian, tidak semua kepintaran merupakan kecerdasan. Kecerdasan yang bukan kepintaran contohnya berhipotesis, menganalisa, mengira ngira, insting dan teman temannya.



Cerita dari Taka

No comments